Senin, 13 Maret 2017

Tips Membuat Anak Senang Membaca

Tempo hari saya memposting tentang anak saya yang mogok sekolah. Ternyata penyebabnya sudah diketahui, ia tidak cocok dengan guru kelas nya. Setelah perdebatan yang cukup alot, akhirnya kepala sekolah menawarkan untuk pindah kelas dengan guru wali yang berbeda. Alhamdulillah sudah tiga hari ini lancar jaya ....

Apakah masalah selesai? ternyata belum sodarah hehe ... di hari pertama masuk kelas baru, dia langsung ulangan salah satu mata pelajaran. PKN alias Pendidikan Kewarganegaraan, materinya lumayan banyak dan perlu dibaca karena memang berisi teori semua. Anak saya yang memaang dari dulu kurang senang membaca terang saja agak-agak "tersiksa" dengan mata pelajaran ini. Bukan hanya PKN, mata pelajaran lain pun seperti IPA, IPS, PLH dll semua bab nya tidak ada yang sedikit dan perlu dihafal berulang-ulang. Jadilah ritual belajar menjadi ajang pertengakaran sengit ... hiiks.

Ternyata memang tidak mudah untuk membuat anak senang membaca, setelah browsing sana sini untuk cari informasi, akhirnya saya sadar memang peran ortu sangatlah penting. Berikut beberapa tips supaya anak senang membaca yang saya rangkum dari berbagai artikel:

1. Biasakan membacakan cerita sebelum tidur.

Di negara maju, bed time story sepertinya sudah menjadi kebiasaan. Membacakan cerita kepada anak terutama cerita yang menarik akan merangsang anak berimajinasi dan kreatif. Ia akan senantiasa penasaran dengan jalan cerita dan kelak akan tertarik untuk membaca cerita-cerita yang lainnya. Tidak perlu waktu lama untuk bercerita, cukup 10 - 15 menit efektif bagi si anak.

2. Akrabkan anak dengan perpustakaan dan toko buku.

Setidaknya satu bulan sekali, ajak anak ke toko buku dan biarkan mereka memilih buku yang disukainya. Kalau budget terbatas, kita boleh memintanya untuk hanya memilih satu atau dua buku saja. Perkenalkan juga dengan perpustakaan dimana kita bisa membaca buku sesukanya dengan suasana yaang cukup hening.

3. Beri contoh.

Anak adalah peniru yang ulung, kalau mereka melihat orang tua nya menjadikan membaca sebagai ritual sehari-hari, mereka pun lambat laun akan meniru. Apalagi kalau di rumah tersedia cukup banyak bahan bacaan yang menyenangkan.

4. Mulai dengan buku yang disukai nya.

Tidak perlu mengharuskan anak membaca buku yang "berat", sesuaikan dengan usianya. Dimulai dengan komik-komik bergambar yang porsinya lebih banyak daripada teks nya. Seiring bertambah usia nya, sediakan buku-buku yang setingkat lebih tinggi.

5. Ciptakan suasana yang menyenangkan.

Membaca dengan konsentrasi memerlukan suasana yang tenang dan menyenangkan. Kalau anak harus menghapal bahan untuk ulangan nya di sekolah, usahakan untuk mematikan TV dan menjauhkannya dari gadget untuk sementara.

6. Beri reward/pujian.

Setelah menyelesaikan 1 buku yang disukainya, tidak ada salahnya anda memberikan reward atau pujian. Bisa berupa hadiah dibelikan 1 buku lagi pilihannya. Rangsang anak untuk menceritakan kembali ringkasan isi buku tsb.

7. Jangan dipaksa.

Siapa sih yang tidak ingin anaknya pintar dan kutu buku? tetapi kita tidak bisa memaksa si anak untuk mau membaca. Tidak masalah apabila mereka ingin terus berulang-ulang membaca satu buku yang itu-itu saja. Pemaksaan akan membuat anak merajuk dan kapok untuk membaca lagi.


Itu beberapa tips yang saya rangkum dari berbagai sumber, saya pun sedang belajar sedikit-sedikit untuk menerapkannya ke pada ke dua anak saya. It's never late for trying.

Semoga bermanfaat !


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 See, Think, Write All Right Reserved